Download Materi Kajian Islami

Wednesday 22 May 2013

Syukuri Sehatmu


Terkadang kita sombong dengan kekebalan tubuh kita. Saya kuat, saya kebal, saya hebat, semuanya serba saya. Melihat orang sakit, yang tak nampak sakitnya, entah sakit kepala atau lemah fisik, berpikiran buruklah kita. "Mengapa, sih, kok dia sakit terus?", "Kok gampangan, sih, dia?" dan keluhan-keluhan lainnya. Baru sekarang saya merasakan apa yang dulu mereka rasakan. Badan lemas, tak ada semangat, serasa tak ada tulang dan daging-daging tak memiliki tumpuan. Rasa-rasanya akan ambruk. Jika sudah seperti ini, segalanya terhambat. Melakukan aktifitas apapun tak maksimal, dakwah tak maksimal, kuliah tak maksimal, semuanya mengalami kekrisisan.

Maka benar kiranya hadits Rasulullah yang mengatakan, Ingat lima perkara sebelum lima perkara: sehat sebelum sakit, tua sebelum muda, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, dan hidup sebelum mati. Terkadang kita melalaikan kelima hal yang dirasa anugerah bagi kita, padahal bisa jadi kelima hal itu merupakan ujian bagi kita.

Jadi, pesan saya hari ini, syukuri sehat kita hari ini. Jaga ia, jangan sampai kita lalai terhadapnya. Sekali saja kita sakit, maka segala hal yang hendak kita lakukan tak kan sempurna. Apalagi saat ini kita hidup di zaman kapitalisme, kesehatan mahal. Kalau sudah sakit repot, susahlah kita untuk memulihkannya. Kasihan keluarga kita, mereka akan sedih melihat kondisi kita.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. So, mulailah hidup sehat mulai hari ini. Tidak ada alasan kita aktivis lah, kita tak punya waktu lah, atau kita tak ada rezeki. Jangan pelit dan terlalu irit, sudah sakit biayanya lebih banyak daripada yang kita irit. Namun bukan boros juga, tapi harus proporsional, penuhi asupan gizi badan kita. Allah tidak suka pada orang yang mendzalimi dirinya sendiri.

Wallohu'alam bi ashowab..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.

Anggaran IKN Melambung Tinggi: Untuk siapa?

              Meski banyak pro kontra sejak diwacanakannya, pemindahan ibu kota negara  Indonesia yang lebih dikenal sebagai Ibu Kota Nusant...