Download Materi Kajian Islami

Wednesday 5 June 2013

Jalan Menuju Surga


من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله به طريقا الى الجنه رواه مسلم
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." (Riwayat Muslim)
Dari Anas r.a berkata, Rasulullah Saw bersabda,"Barangsiapa yang keluar dengan tujuan untuk menuntut ilmu maka ia berada di jalan Allah sehingga ia kembali." (Riwayat At Turmudzi)
Tentu, ilmu yang dimaksud bukanlah ilmu duniawi semata, tapi ilmu agama. Mengapa Allah begitu besar memberikan reward bagi orang-orang yang mencari ilmu agama? Karena islam itu ilmu dan amal. Sesuai dengan tujuan hidup kita yang termaktub dalam surat Al-Hujarot “Tidaklah Ku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku” , dimana arti ibadah itu sangat luas (hablu minallah, hablu minannas, hablu minanafs), tentunya memerlukan ilmu yang luas juga. Tidak mungkin kita beribadah tanpa tau ilmunya, otomatis kita harus memaksimalkan diri untuk menuntut ilmuyang menunjang ibadah kita.
Ilmu adalah kawan disaat kesunyian
Ilmu adalah penunjuk jalan kegembiraan
Ilmu adalah penolong disaat kesukaran
Ilmu adalah penghias diantara banyak teman
Ilmu adalah penghidup hati dari kebodohan
Ilmu adalah pelita dari kegelapan
Ilmu adalah kekuatan dari segala kelemahan
Ilmu adalah harta disaat kita miskin
Oleh sebab itu, marilah kita terus mengoptimalkan pencarian ilmu agama kita. Dimana pun, kapan pun, dengan siapa pun. Bahkan Rasulullah sangat menegaskan “Utlubul ‘Ilma walau Bitsin = tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina” . Mencari ilmu agama itu berlaku seumur hidup kita, kalo kata pepatah orang sunda “Nungtut elmu timimiti di ais nepika di pais”, artinya menuntut ilmu itu dari pertama kita dilahirkan dampai dikafani. So, jangan lelah dalam perjuangan ini, jangan menyerah walau selangkah, jangan surut walau penuh kemelut, jangan berhenti meski tersakiti. Sesunggunya melalui pencarian ilmu ini menghantarkan kita menuju surga-Nya.
wallohu’alam bi ashowab..
Tresna Mustikasari

Ketua Departemen P&K Keputrian LDK DKM Unpad

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.

Anggaran IKN Melambung Tinggi: Untuk siapa?

              Meski banyak pro kontra sejak diwacanakannya, pemindahan ibu kota negara  Indonesia yang lebih dikenal sebagai Ibu Kota Nusant...