Thursday, 25 December 2014

Ketika Media Mementingkan Rating Semata

Sumber: Google


Dalam sepekan terakhir ini beredar pemberitaan mengenai video parodi siswa SD bernyanyi dalam rangka mengkritik media pertelevisian Indonesia. Video pertama dinyanyikan oleh anak-anak usia SD dan video yang ke dua dinyanyikan oleh orang-orang dewasa yang berpura-pura sebagai anak SD.

Dalam video yang pertama berjudul “TV, Jasamu Tiada..” lebih menekankan pada efek pergaulan bebas yang dirasakan remaja bahkan anak-anak Indonesia karena TV. Lirik yang dinyanyikan merukpakan pkesetan dari lagu “Jasamu Guru”. Adapun lirik plesetan untuk video yang pertma ini adalah:

"Kita jadi bisa pacaran dan ciuman, karna siapa?  
Kita jadi tau masalah artis cerai, karena siapa?
Kita bisa dandan dibimbing TV  
Kita jadi lebay dibimbing TV
TV Pemerintah membuat gelap gulita  
Jasamu tiada...........!
Gimana mau maju, nontonnya itu!"

Friday, 19 December 2014

Potret Buram Pendidikan Indonesia

Sumber: Google

Pendidikan kerap menjadi polemik di negeri katulistiwa ini. Betapa tidak, sudah 69 tahun negeri ini ‘merdeka’, namun tak ada perubahan signifikan dalam dunia penididikan kita. Setiap tahun ada saja kebijakan yang berubah. Bak kelinci percobaan, para pelajar dicocoki dengan berbagai kebijakan yang kabur, tak memiliki tujuan jelas. Misalnya saja kita tilik kurikulum pendidikan di Indonesia yang sering berubah setiap ada pergantian Menteri Pendidikan. Perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2012 dan yang terbaru 2013. Tak heran jika mutu pendidikan Indonesia hingga kini belum memenuhi standar mutu yang jelas dan banyak memiliki ketertinggalan dibandingkan negara lainnya.

Menurut versi Pearson, perusahaan pendidikan dan penerbitan yang berbasis di London, dari 40 negara yang memiliki kategori pendidikan terbaik di dunia Indonesia menempati posisi terbawah. Laporan dibuat berdasarkan penggabungan hasil tes internasional serta data pendidikan milik Learning Curve Data Bank (LCDB) yang dikompilasi sejak tahun 2012 hingga awal tahun 2014. Data yang dikumpulkan tersebut mencakup indikator dan perkembangan setiap negara yang terdiri dari hasil tes interasional seperti ternational Reading Literacy Study (PIRLS), Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), Programme for International Student Assessment (PISA), serta Programme for the International Assessment of Adult Competencies (PIAAC).

Monday, 13 October 2014

Khutbah Imam Katolik Yang Menggemparkan (Repost)

Sumber:
Rasanya sering kita mendengar judgemen bahwa islam adalah teroris, umat islam adalah umat termiskin, islam adalah bar-bar, umat islam adalah umat terbelakang dan segudang penghakiman yang tak kalah buruk. Ditambah lagi dengan pemberitaan media yang sangat menyudutkan islam. Alhasil semakin membangkitkan kebencian terhadap islam dari kaum selain islam dan bahkan menyebabkan keragu-raguan dikalangan kaum muslim sendiri.

Namun justru Allah benar-benar pembuat makar yang terhebat. Dikala para pembenci islam membuat makar untuk menjauhkan islam dari pemelkunya bahkan membuat buruk citranya dari seluruh dunia, tapi ternyata justru dengan makar tersebut semakin banyak orang yang penasaran dengan islam dan mencari tahu dan kemudian berbondong-bondong masuk islam. Itulah pertolongan Allah, sesuai dengan firmannya: 

Monday, 22 September 2014

Smart Brain untuk Menghafal Arti 114 Surat dalam Al-Qur'an

Sumber: Google

Smart Brain adalah sebuah cara belajar yang unik yang saya dapatkan pada training pengajar di Consent (sebuah lembaga konsultasi belajar). Ada beberapa teknik untuk memudahkan kita menghafal, bisa dengan bercerita, membayangkan, dan lain-lain. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi cara untuk mudah menghafalkan arti 114 surat dalam al-Qur'an dengan teknik bercerita. 

Tentu saja kita tidak hanya ingin hafal 114 surat, namun juga 6666 ayat kita mampu menghafalnya dengan baik. Tapi, jika kita sudah berupaya untuk dapat mengahafalnya dan belum membuahkan hasil yang baik, setidaknya kita bisa menghafalkan seluruh surat beserta artinya dengan baik dan mudah dengan metode ini.

Pernikahan Beda Agama: Pintu Awal Retaknya Rumah Tangga

Sumber: Google


Cinta adalah satu kata magic yang tak pernah bosan dibicarakan orang di setiap zaman. Cinta adalah sebuah kekuatan sempurna yang terkadang mampu mengubah orang menjadi bukan seperti dirinya sendiri. Dengan cinta, seorang yang tak puitis berubah menjadi romantis, seorang yang tangguh berubah menjadi melankolis, seorang yang penakut berubah menjadi penakluk dan begitupun sebaliknya.

Ketertarikan lebih terhadap lawan jenis memang naluriah. Setiap manusia dari bangsa manapun, ras apapun, agama apapun, pasti mengalami jatuh cinta. Kemudian mereka melangkah lebih jauh menuju pernikahan, karena pernikahan adalah simbol keterikatan cinta. Setelah pernikahan dilangsungkan, terbentuklah sebuah kehidupan baru dalam bingkai rumah tangga. Banyak asa telah digantungkan dalam sebuah rumah tangga. Pasangan suami istri bahagia yang saling mendukung untuk kehidupan dunia dan akhirat, mendidik anak-anak hingga menjadi shalil shalihah dan menjadi keluarga yang rukun dan langgeng sampai hari tua. Dalam islam kehidupan seperti itu dikenal dengan istilah sakinah, mawadah warrahmah. Ketika kondisi tersebut tercapai, maka tercapai pulalah tujuan dalam rumah tangga, yaitu menggenapkan separuh agama. Tidak hanya dalam islam, menjalani kehidupan rumah tangga yang langgeng dan rukun serta membesarkan anak yang taat pada agama merupakan cita-cita agama manapun.

Sunday, 14 September 2014

Cerita Mengharukan dari Seekor Tikus (Repost)


Sudah menjadi rutinitas, setiap ba'da subuh di kostan saya selalu ada pembinaan. Pembinaan yang berlangsung 30 menit itu bisa berupa hafalan Qur'an, hafalan hadits, tausiah, fiqih dan belajar bahasa Arab. Beberapa hari yang lalu, waktunya untuk hafalan hadits. Dari dua hadits yang kami hafalkan salah satunya berbunyi "Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya. (H.R. Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Baihaqi)".


Betapa adilnya Allah, Allah akan menolong kepada orang yang sering menolong saudaranya. Tentu konteks dalam hadits ini adalah saling menolong dalamkebaikan dan menolong pada saudara seakidah, bukan hanya sedarah.

Berikut kisah yang bisa menggambarkan betapa pertolongan Allah tidak menjumpai orang-orang yang tidak menolong saudaranya.

Cerita Mengharukan dari Seekor Tikus

Sepasang suami istri petani pulang ke rumah setelah berbelanja. Ketika mereka membuka barang belanjaan, seekor tikus memperhatikan dengan seksama sambil menggumam,
“Hmmm…makanan apa lagi yang dibawa mereka dari pasar?”
Ternyata, salah satu yang dibeli oleh petani ini adalah perangkap tikus. Sang tikus kaget bukan kepalang. Ia segera berlari menuju kandang dan berteriak,
“Ada perangkap tikus di rumah!….di rumah sekarang ada perangkap tikus!….”

Allah, Arsitek Dunia Tiada Dua

Sejak dulu saya selalu tertarik dengan karya-karya unik dan menakjubkan. Biasanya saya menyimpan dan mengoleksi foto-foto yang saya anggap indah dalam mesin tercanggih buatan manusia abad ini. Karya-karya itu begitu unik dan kreatif. Misalnya saja, karya indah di bawah ini, manusia memanfaatkan pecahan-pecahan pot bunga hingga menjadi pot bunga lain yang justru lebih menarik daripada yang belum rusak.
Sumber: Wonderful Engineering


Ada juga yang lain, manusia memanfaatkan botol bekas menjadi sebuah karya indah menyejukkan mata.
Sumber: Bored Panda

Manusia pun begitu pandai membuat sebuah karya yang begitu memikat hati.
Sumber: Wonderful Engineering
Tapi, keindahan dan semua hal yang menakjubkan itu tak mampu menandingi kehebatan Allah dalam merancang indahnya alam raya ini. Ketenangan hidup dan kenikmatan pandangan mata didapat dari ciptaan-Nya yang tiada tertandingi. Allah telah berfirman:

Thursday, 29 May 2014

Para Sesepuh Sains


Galileo Galilei (1564-1642)


Seorang ahli fisika, filsafat, astronomi, dan matematika alami dari Italia yang memberikan andil mendasar dalam bidang gerak, astronomi, kekuatan bahan, dan sampai perkembangan metode saintifik. Perumusannya tentang inersia, hukum benda jatuh bebas, dan lintasan parabola merupakan awal dari perubahan mendasar dalam pelajaran tentang gerak. Dia juga yang mengatakan bahwa buku alam harus ditulis dalam kalimat matematika sehingga mengubah filsafat yang biasa diungkapkan hanya dengan kata-kata menjadi kalimat matematika. Pada akhirnya, penemuan teleskopnya membuat revolusi di bidang astronomi, dan membuka jalan baru terhadap diterimanya sistem heliosentris dari Copernicus. Dengan teleskop tersebut, dia dapat mengamati bintik matahari, lembah, dan gunung di permukaan bulan, keempat satelit terbesar dari planet Yupiter, dan fase-fase planet Venus. Selain teleskop, Galileo juga yang menemukan termometer.
Marin Mersenne (1588-1648)

Tuesday, 27 May 2014

Ringkasan Riwayat Hidup Imam Muhammad bin Idris as-Syafi’e [150H/767M – 204H/820M]

Sumber: Google

Imam as-Syafi’e lahir di Gaza, Palestin pada tahun 150H/767M. Nama sebenarnya ialah Muhammad bin Idris as-Syafi‘e. Beliau mempunyai pertalian darah Quraisy dan hidup tanpa sempat melihat ayahnya. Pada umur 10 tahun ibunya membawanya ke Makkah untuk menunaikan ibadah Haji dan selepas itu beliau tetap berada di sana untuk menuntut ilmu. Di Makkah Imam as-Syafi’e memulakan perguruannya dengan Muslim bin Khalid al-Zanji, yakni mufti Kota Makkah ketika itu.

Kitab ilmu yang paling terkemuka ketika itu ialah al-Muwattha’ karangan Imam Malik bin Anas, dan Imam as-Syafi’e dalam usia 15 tahun telah menghafal keseluruhan kitab tersebut. Imam as-Syafi’e kemudiannya berhijrah ke Madinah untuk berguru pula dengan penulis kitab itu sendiri, yakni Imam Malik bin Anas. Ketika itu Imam as-Syafi’e baru berumur 20 tahun dan beliau terus duduk bersama Imam Malik sampai wafatanya pada tahun 179H/796M. Ketokohan Imam as-Syafi’e sebagai murid terpintar Imam Malik bin Anas mulai diiktiraf ramai. Imam as-Syafi‘e mengambil alih sebentar kedudukan Imam Malik bin Anas sebagai guru di Masjid Nabawi di Madinah sampai beliau ditawarkan satu kedudukan jawatan oleh Gubernur Yaman. Jawatan Imam as-Syafi’e di Negeri Yaman tidak lama kerana beliau telah difitnah sebagai pengikut mazhab Syi‘ah. Selain itu berbagai konspirasi lain dijatuhkan ke atasnya hingga beliau dirantai dan dimasukkan ke penjara di Baghdad, yakni pusat pemerintahan Dinasti Abbasid ketika itu.

Saturday, 24 May 2014

Ringkasan Riwayat Hidup Imam Abu Hanifah [80H/699M– 150H/767M]

sumber: google


Imam Abu Hanifah atau nama sebenarnya Numan bin Tsabit bin Zhuthi' lahir pada tahun 80H/699M di Kufah, Iraq, sebuah bandar yang memang sudah terkenal sebagai pusat ilmu Islam ketika itu. Ayahnya seorang pedagang besar, sempat hidup bersama ‘Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anh. Imam Abu Hanifah sekali-sekala ikut serta dalam urusan niaga ayahnya akan tetapi minatnya yang lebih besar ialah ke arah membaca dan menghafal Al-Quran.

Imam Abu Hanifah pada suatu hari telah berjumpa dengan seorang tokoh agama yang masyhur ketika itu bernama as-Sya’bi. Melihat kepintaran dan kecerdasan luar biasa yang terpendam dalam Imam Abu Hanifah, as-Sya’bi menasihati beliau agar lebih banyak mencurahkan usaha ke dalam bidang ilmu-ilmu Islam. Dengan nasihat dan dorongan as-Sya’bi, Imam Abu Hanifah mula menceburkan diri secara khusus mempelajari ilmu-ilmu Islam.

Friday, 23 May 2014

Kejahatan di Kampus: Apa Penyebabnya?

Sumber: Google

telah dimuat di Sosial News
Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah salah satu kampus ternama di Jawa Barat yang selama dua tahun berturut-turut ini menyandang kampus terfavorit pilihan lulusan SMA yang hendak melanjutkan studinya. Pelajar di Unpad tidak hanya terdiri dari Indonesia saja, bahkan pelajar asing pun ada seperti Malaysia, India, Timor Timor dan lain sebagainya. Berkaitan dengan siswa asing, baru-baru ini tersiar kabar bahwa pelajar asing asal Malaysia diduga telah menjadi korban tindak pemerkosaan. Semenjak itu, kampus Unpad dilabeli sebagai kampus “darurat kejahatan”. Terlebih terhitung Januari hingga Mei, Polsek Jatinangor mencatat sudah ada 10 kejadian kriminal, mulai dari penjambretan, penodongan sampai pemerkosaan.
Rupanya kejahatan yang terjadi di kampus tidak hanya di Unpad saja. Beberapa kasus ditemukan, misalnya aksi pencurian telepon genggam, laptop, dan percobaan pencurian terhadap kendaraan bermotor seperti yang dialami salah seorang dosen Fakultas Ushuludin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Di tahun 2006, tercatat beberapa kejahatan seperti pemalakan, percobaan perkosaan, hingga pembunuhan, pernah terjadi di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Bahkan pembunuhan Daliu A. Gunawan, mahasiswa UI Depok, terjadi di bulan April tahun 2005.

Monday, 21 April 2014

Melipat Baju


Pagi itu Resa sedang asyik menonton kartun kesukaannya. Biasa, jika hari minggu tiba, sejak pagi hingga siang hari gadis berumur 10 tahun itu sudah siap-siap di depan TV. Banyak sekali kartun favoritnya yang akan tayang. Mulai dari Doraemon sampai Dragon Ball, semua ia suka. Jika saluran yang satu sedang iklan, maka ia dengan cepat akan beralih ke saluran yang lain untuk mencari kartun lainnya. Begitu seterusnya.

Namun, hari ini sepertinya ia tak mungkin menonton sesukanya. Ada banyak sekali tugas rumah yang menantinya. Menyapu rumah, menyapu halaman, mengepel lantai, membersihkan kaca jendela, mencuci piring, menjemur baju dan membantu nenek memasak. 
 
“Resa! Jangan malas! Ayo beres-beres dulu rumah!” Kata pamannya sambil menekan tombol off di TV.

Thursday, 17 April 2014

Sukses, Milik Setiap Orang





            Jika kita menelusuri latar belakang orang-orang sukses di dunia, maka tidak sedikit dari mereka yang dulu kemampuannya diragukan orang. Sebut saja Einstein. Tak disangka, ternyata semasa kecil bapak Fisika modern ini memiliki kesulitan dalam mengeja dan menulis, atau biasa dikenal dengan penyakit dyslexia. Alexander Graham Bell (penemu telepon) dan Walt Disney (bapak animasi dunia) memiliki learning disability. Thomas Alfa Edison penemu lampu pijar dan James Watt sang  master mesin uap pun semasa kecilnya harus belajar di rumah bersama ibunya karena memiliki kemampuan lemah dalam belajar. Bahkan Edison sempat terancam tuli akibat kecelakaan yang menimpanya. Kesemuanya itu adalah beberapa contoh tokoh yang kemampuannya diragukan orang namun kini menjadi tokoh terkemuka di seantero dunia.

Friday, 4 April 2014

Kamera dengan Sensor Kedipan Mata

sumber foto: http://bebibluu.blogspot.com/2011/05/teknologi-lensa-mata-yang-berfungsi.html

Sejak kecil saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Semenjak semester awal masuk kuliah, hobi saya ini disalurkan lewat blog yang kawan baca ini. Memang tidak rutin, tapi cukup memberikan kepuasan tersendiri jika sudah menyempatkan untuk menulis. Biasanya salah satu topik tulisannya saya ambil dari pengalaman dan kejadian yang saya alami sendiri. Lampiran berupa foto sangat membantu dalam menggambarkan maksud dari sebuah tulisan. Makanya, saya ngebet pengen punya kamera, bukan cuma buat penelitian, tapi untuk mengabadikan momen-momen yang saya anggap menarik dan penting. 

Setelah saya punya fungsi kamera di smartphone saya, ternyata masih saja ada kendala. Memang manusia, ada saja keinginan lebihnya. hehe . Jadi, setelah saya pun punya kamera di hp saya, saya tidak bisa mengabadikan momen yang saya anggap bagus itu dengan mudah. Contohnya, saya sering kali melihat berbagai tipe pengamen dan tertarik untuk menuliskannya. Namun selalu tidak sempat atau lebih tepatnya malu untuk mengabadikannya di hp saya. Saya pikir, orang akan berpikiran "Ih kampungan banget ya, yang gitu aja di fotoin" haha. Yang tampilannya kayak jurnalistik atau kameramen sih enak, orang pasti ngerti kenapa mereka foto-foto sesuka hati, lah saya kan tampang biasa saja, jadinya kayaknya bakal dianggap aneh. Sempet juga saya lihat kejadian lucu di angkot, ya tapi masa iya saya fotoin kejadian itu? kan aneh, malu lebih tepatnya, hehehe.

Friday, 28 March 2014

Buah Lontar: Saudaranya Buah Kelapa

Pertama kali liat buah lontar itu waktu ikutan seminar nasional di BATAN-Tangerang. Karena angkot jarang lewat, akhirnya saya dan teman saya (Rahayu Agustia) sepulang semnas itu jalan. Diperjalanan itulah kami menemukan penjual buah lontar. Ternyata si penjual emang selalu mangkal di sana. Akhirnya pas kemarin pulang dari lab, saya beli, pengen nyobain. Saya pikir buah ini cuma ada di Tangerang aja, tapi kata si emangnya, di Bekasi juga banyak yang jual. Pas cari di internet ternyara di Jakarta Selatan juga banyak yang jual. Buah ini terutama banyak didapet di daerah pantai. Ya mirip lah kayak kelapa.

Thursday, 27 March 2014

Tips Persiapan Menuju Tugas Akhir/Skripsi/Pembuatan Makalah Ilmiah

Kadang kala, dalam penyusunan makalah ilmiah atau proposal penelitian kita menghadapi beberapa kesulitan. Terlebih ketika kita sudah membaca semua jurnal, tapi bingung bagian mana yang akan kita kutip dalam proposal kita. Agar lebih mudah dan teratur dalam pembuatan proposal penelitian, saya akan sedikit berbagi tips sesuai pengalaman pribadi saya.

Mula-mula kita harus menentukan tema atau judul yang kita minati dan ingin dijadikan bahan penelitian. Setelah itu, barulah kita cari sebanyak-banyaknya jurnal yang sesuai dengan tema yang kita inginkan. Salah satunya, temen-temen juga bisa cari di Google Scholar. Disana cukup banyak jurnal gratisnya juga. Owh ya, untuk mempermudah pembuatan daftar pustaka, teman-teman harus instal salah satu softwere dapus, misalnya EndNote. Nanti, kalo teman-teman sudah instal program itu di komputernya, ada langkah penting yang harus dilakukan waktu mencari jurnal di Google Scholar

Friday, 28 February 2014

Penipuan Online di Tokobagus.com

Kronologi:
Senin,24 Februari 2014, seorang teman baru saja membeli sebuah kamera digital. Barang second tapi masih terhitung baru, karena pemakaiannya yang hanya beberapa bulan saja. Kamera itu dijual dari temannya junior kami di pondokan. Katanya untuk tambah-tambah biaya membayar kost, karena untuk meminta pada orang tuanya sendiri dia segan dan kasihan, adiknya baru saja di operasi. Harganya terhitung murah, Rp 500.000 sudah bisa mendapatkan kamera digital bermerek masih bergaransi, mini tripod, softcase, dan memorinya. Awalnya saya pun tertarik dengan kamera itu, sudah sejak lama saya mengingikan sebuah kamera, karena begitu banyak momen yang akhirnya tidak terabadikan karena tak memiliki kamera. Tapi sahabat saya yang lain juga meminginginkannya, dan dia yang lebih dahulu membelinya. Alhasil saya hanya bisa berharap untuk mendapatkan kamera yang murah tapi bagus di lain waktu.

Les Privat Fisika & Matematika


Monday, 17 February 2014

Lipatan Di Kening

(by: Irsan Pertiwi)

Lihatlah,lihatlah!
Lipatan di keningku..
Takkan hilang, takkan hilang!
Terserah diartikan apa..

Sunday, 16 February 2014

Sakit Menahan Tangis

 

“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan).

Beberapa hari menjadi pengunjung setia rumah sakit memberi banyak pelajaran bagi saya. Hari pertama, IGD (instalasi gawat darurat) menjadi tujuanku. Pasien begitu sesak. Hilir mudik pergi dan datang. Ada yang pergi karena tak perlu dirawat, ada yang pindah ke ruang perawatan, dan ada yang pergi untuk selama-lamanya. Saat itu, semua petugas kesehatan sangatlah sibuk. Hingga seorang pasien pun tiba, ntah apa yang ia rasa. Namun, ketika dokter hendak memeriksa, sesaat itu pula nyawanya tiada. Sontak sang anak yang mengiringi sang ayah di belakang berteriak histeris. Semua mata orang di ruangan itu tertuju padanya. Semua orang kini berduka. Begitupun saya, tak sadar setitik air mata mulai meleleh dari sudut mata. Tak lama, sesuatu yang tertahan hinggap di tenggorokan. Sakit rasanya.

Semuanya Bermula dari nol

Terharu melihat kedewasaan yang mulai tumbuh dipikiran adik pertamaku. Adikku yang dulu cenderung egois dengan keinginannnya, kini mulai mengerti menilai kondisi. Titik balik ini mulai terlihat semenjak sakitnya ibuku. Dia mulai faham bagaimana perjuangan dan pengorbanan orang tua. Dia mulai faham begitu sulitnya orang tua mencari nafkah. Dia mulai faham bagaimana orang tua terbiasa tampak biasa saja tapi sebenarnya mereka jauh lebih sulit dari kita yang sedang mencari ilmu. Kini sedikit demi sedikit dia mampu mandiri dan memilih berdasar prioritas. Kini dia mulai dewasa..

Saturday, 8 February 2014

Yang Utama adalah Mafhum Islam

Hidup dalam suatu keluarga besar memberikan keuntungan tersendiri bagi saya. Salah satunya adalah dapat banyak mengambil hikmah dan pembelajaran dalam hal rumah tangga. Sebagai keponakan yang tergolong usia dewasa, sering kali dipercayai untuk mendengarkan keluhan rumah tangga masing-masing. Dan itu membuat saya semakin matang dalamhal pertimbangan menuju masa depan nanti.

Wajar dalam suatu rumah tangga terdapat konflik/keributan. Karena sejatinya meskipun telah terikat oleh perkawinan, sang suami dan istri tetap dua orang berbeda yang dalam beberapa hal memiliki pandangan yang tak sama. Hanya saja, perbedaan faham tersebut bisa dipersempit jika kedua orang tersebut memiliki standar hidup yang sama atau ideologi yang sama. Mungkin ketidak sefahaman yang terjadi hanya seputar masalah teknis saja.

JKN: Legalisasi Pemerasan Terhadap Rakyat


           Kesehatan adalah salah satu hal yang penting di dalam kehidupan manusia. Betapa tidak, sehat adalah kunci dari semua impian manusia. Percuma seseorang memiliki uang yang banyak, tapi ia tidak dapat seenaknya memakan apa yang ia mau karena penyakit yang dideritanya. Percuma ia memiliki cita-cita setinggi langit, jika untuk sekedar berjalan saja ia sulit akibat penyakit yang dirasanya. Karena pentingnya hidup sehat, orang beramai-ramai mengasuransikan kesehatannya. Tidak hanya individu-individu saja, bahkan skala negara pun kini berlomba untuk mengasuransikan kesehatan warganya. Sebut saja Amerika sebagai pencetus asuransi kesehatan masal itu.  Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014 negeri Paman Sam itu mewajiban setiap warga negara Amerika untuk tergabung dalam program yang disebut “Obamacare”.
Obamacare adalah Undang Undang Layanan Kesehatan yang lolos di Kongres Amerika dan ditandatangani oleh Presiden Obama tahun 2010 dan dikukuhkan oleh Mahkamah Agung AS tahun 2012. Resminya bernama The Patient Protection and Affordable Care Act of 2010 (ACA atau Undang Undang Perlindungan Pasien dan Layanan Kesehatan yang terjangkau). Yang terpenting dari Obamacare adalah jika setiap warga tidak memiliki jaminan kesehatan,maka dia kena denda saat membayar pajak tahunan dengan IRS di tahun 2015.

Friday, 17 January 2014

Sinergisasi IQ, EQ, dan SQ dalam Pendidikan Indonesia



            Siapa yang tidak mengenal Albert Einstein, dia adalah fisikawan Jerman yang disebut-sebut memiliki IQ lebih dari 160. Tidak mau kalah dengan Jerman, Indonesia pun memiliki B.J. Habiebie, yang memiliki IQ yang tergolong jenius. Tidak heran banyak orang tua yang menginginkan keturunannya ber-IQ tinggi seperti beliau. Demi mencapai impiannya itu, orang tua merelakan apa pun yang ia miliki untuk menyekolahkan anaknya.
            Namun, dewasa ini orang semakin dibuat bingung. Banyak orang yang katanya ‘pintar’ tapi ternyata menggunakan kecerdasannya untuk menipu orang, korupsi, membobol bank, dan banyak lagi. Ditambah lagi, banyak contoh kehidupan sukses orang-orang terkenal tanpa mengenyam atau menyelesaikan bangku sekolah. Sebut saja Steve Jobs dan Bill Gates, keduanya memilih untuk keluar dan dikeluarkan dari Harvard University dan sekarang menjadi orang terkaya di dunia.