Thursday, 27 March 2014

Tips Persiapan Menuju Tugas Akhir/Skripsi/Pembuatan Makalah Ilmiah

Kadang kala, dalam penyusunan makalah ilmiah atau proposal penelitian kita menghadapi beberapa kesulitan. Terlebih ketika kita sudah membaca semua jurnal, tapi bingung bagian mana yang akan kita kutip dalam proposal kita. Agar lebih mudah dan teratur dalam pembuatan proposal penelitian, saya akan sedikit berbagi tips sesuai pengalaman pribadi saya.

Mula-mula kita harus menentukan tema atau judul yang kita minati dan ingin dijadikan bahan penelitian. Setelah itu, barulah kita cari sebanyak-banyaknya jurnal yang sesuai dengan tema yang kita inginkan. Salah satunya, temen-temen juga bisa cari di Google Scholar. Disana cukup banyak jurnal gratisnya juga. Owh ya, untuk mempermudah pembuatan daftar pustaka, teman-teman harus instal salah satu softwere dapus, misalnya EndNote. Nanti, kalo teman-teman sudah instal program itu di komputernya, ada langkah penting yang harus dilakukan waktu mencari jurnal di Google Scholar


Misal jurnal yang dicari judulnya "Improvement in understanding of natural circulation phenomena in water cooled nuclear power plants". Terus klik kutip di bawah jurnal yang dipilihnya. Jangan lupa save jurnalnya juga, biar bisa dibaca. Nanti kalo diklik 'kutip', maka muncul:






MLA, APA, ISO 690 adalah jenis dapus yang kita inginkan. Abaikan saja, karena jenis-jenis dapus ini nanti juga ada di Ms. Word saat kita inputkan.

Adapun cara penginputannya:


klik EndNote, pilih insert citation. Setelah itu pilih insert selected citation. Tapi jangan lupa sebelumnya buka file EndNotenya, dan pilih jurnal yang mau kita inputkan.

Dengan begitu, kita tidak akan susah-susah untuk menuliskan dapusnya secara manual. Cukup kasih keterangan no kutipan jurnal, trus blok, trus lakukan penginputan EndNote di word, jadi deh dapus yang lengkapnya.

Btw itu diluar judul blog, hehehe
Perihal EndNote di atas cuma sedikit tips agar membuat dapus lebih mudah.
Nah back to persiapan pembuatan proposal. Setelah sepuasnya kita mencari jurnal. Maka kita baca, dan jangan lupa untuk meresume-nya. Cara resumenya cukup dengan membuat tabel seperti di bawah ini:


Nah, dengan format diatas kita akan mudah dalam penyusunan proposal kita. Nanti kita tinggal kutip author, tahun, tujuan, metode hasilnya apa. Atau dibalik-balik sesuka kita. Metode, tujuan, author, tahun, hasil, dan lain-lain. So, kerangka penelitian kita lebih mudah dibuat dengan tips di atas. :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.