Friday, 4 April 2014

Kamera dengan Sensor Kedipan Mata

sumber foto: http://bebibluu.blogspot.com/2011/05/teknologi-lensa-mata-yang-berfungsi.html

Sejak kecil saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Semenjak semester awal masuk kuliah, hobi saya ini disalurkan lewat blog yang kawan baca ini. Memang tidak rutin, tapi cukup memberikan kepuasan tersendiri jika sudah menyempatkan untuk menulis. Biasanya salah satu topik tulisannya saya ambil dari pengalaman dan kejadian yang saya alami sendiri. Lampiran berupa foto sangat membantu dalam menggambarkan maksud dari sebuah tulisan. Makanya, saya ngebet pengen punya kamera, bukan cuma buat penelitian, tapi untuk mengabadikan momen-momen yang saya anggap menarik dan penting. 

Setelah saya punya fungsi kamera di smartphone saya, ternyata masih saja ada kendala. Memang manusia, ada saja keinginan lebihnya. hehe . Jadi, setelah saya pun punya kamera di hp saya, saya tidak bisa mengabadikan momen yang saya anggap bagus itu dengan mudah. Contohnya, saya sering kali melihat berbagai tipe pengamen dan tertarik untuk menuliskannya. Namun selalu tidak sempat atau lebih tepatnya malu untuk mengabadikannya di hp saya. Saya pikir, orang akan berpikiran "Ih kampungan banget ya, yang gitu aja di fotoin" haha. Yang tampilannya kayak jurnalistik atau kameramen sih enak, orang pasti ngerti kenapa mereka foto-foto sesuka hati, lah saya kan tampang biasa saja, jadinya kayaknya bakal dianggap aneh. Sempet juga saya lihat kejadian lucu di angkot, ya tapi masa iya saya fotoin kejadian itu? kan aneh, malu lebih tepatnya, hehehe.


Dari sana, saya berpikiran, kayaknya keren deh kalo ada kamera yang tersembunyi gitu. Orang yang kita foto gak akan ngeuh kalo kita lagi motoin mereka. Ide saya, kayaknya kalo kamera itu berbentuk softlens yang punya sensor tersendiri dengan sebuah hardwere -bayangan saya kayak i-pod gitu- pasti menyenangkan. Ketika kita tekan tombol on di i-podnya, dengan otomatis kita bisa foto sesuka hati apa yang kita lihat hanya dengan berkedip saja. Keren kan? Kita gak akan malu ketahuan orang dan kita tidak akan tertinggal banyak waktu walau hanya beberapa detik saja untuk mempersiapkan kamera kita.

Saya pikir itu masih angan-angan saya saja. Tapi ternyata pas iseng-iseng nyari gambar lensa buat ilustrasi tulisan saya ini, saya nemu satu perkembangan teknologi baru. Katanya, di masa depan, kita bisa nonton TV atau browsing hanya dengan menggunakan Softlens (contact lens). Keren kan? Buat browsing internet sama nonton TV aja bisa, apalagi hanya untuk sebuah kamera, pasti bisa dong. hehe Emang deh, ilmu apapun itu keren banget. Saya pengen jadi polimath, gak cuma ahli agama dan fisikawan aja, tapi semuanya saya pengen bisa. Aamiin.. :D
Owh ya, yang mau tahu lebih lanjut artikel yang saya temuin tentang softlens masa depan, lihat link di bawah saja ya..

Teknologi Lensa Mata Yang Berfungsi Sebagai Monitor Komputer

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.