Download Materi Kajian Islami

Thursday 30 May 2013

Keikhlasan dan Kesungguhan yang Berbuah Manis


Bingung harus mulai cerita dari mana.. :)

Well, tulisan saya kali ini terilhami dari kejadian yang cukup membahagiakan saya hari ini. Di akhir saya memberikan tutor Fisika Dasar II pada adik-adik kelas Kimia B, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berarti. Pelajaran apakah itu? Ok, sepertinya saya ceritakan dulu awal perjalanan tutor semester ini.

Awalnya untuk semester ini saya tidak mendapatkan kesempatan untuk berbagi dan mempertajam ilmu dengan adik-adik mahasiswa baru. Ya wajarlah, karena semester genap itu lebih sedikit kelas yang belajar Fisika Dasar II, sehingga asisten dosennya terseleksi dengan ketat, sesuai dengan prestasinya. Namun ternyata, rencana Allah berbeda. Teman saya yang sangat pintar tidak ada jadwal yang cocok untuk mengisi tutor, sehingga dia menawarkan saya untuk menjadi penggantinya. Awalnya saya ragu, karena saya rasa saya kurang mumpuni untuk mengemban amanah tersebut. Tapi karena tidak ada pilihan lain, dan kasihan juga melihat anak-anak yang sering tidak mendapatkan tutor, akhirnya saya terima tawarannya. Dan ternyata, kelas yang saya tutor semester ini masih kelas yang sama dengan semester sebelumnya yang saya isi. Ya lumayan lah, biar tidak memakan waktu untuk menilai karekter anak-anak yang akan saya ajar.

Awal saya ngisi tutor bertepatan dengan seminggu sebelum mereka UTS. Dan ternyata banyak yang mereka tanyakan yang saya belum pelajari, alhasil saya merasa bersalah karena saya kurang optimal dalam menjawab persoalan mereka. Untuk membayar rasa bersalah saya, akhirnya saya menawarkan diri untuk membuat resume semua bab yang mereka pelajari untuk bahan UTS. Ceritanya seminggu berlalu, dan deadline saya ngasih rangkumannya tinggal sehari lagi, dan saya belum sedikitpun mengerjakannya, maklum banyak agenda, hehehe. Alhasil dalam sehari saya kebut membuat resume itu, tapi apa mau dikata, saya tidak mampu menyelesaikannya. Tinggal setengah bab lagi yang belum terangkum.

Beberapa bulan berlalu, saya terus melanjutkan tutor saya. Meski jadwalnya terkadang tidak rutin karena kesibukan masing-masing, tapi sudah cukup ada perbaikan dari semester sebelumnya. Tapi, saya masih merasa belum optimal mengisi tutor, terutama persiapan yang sangat minim. Keseringannya saya baru belajar beberapa jam sebelum ngisi, dan itu juga hanya beberapa menit saja. Pernah ada satu materi yang cukup lama persiapannya, apa lagi kalo bukan mengenai listrik yang sangat membuat puyeng. Bahkan teman saya yang KBK Instrumen pun, yang ahli di bidangnya butuh cukup waktu untuk mencernanya. Secara garis besar saya simpulkan selama saya tutor saya belum memberikan yang optimal bagi mereka. Bahkan di detik-detik terakhir pun, saya hanya mampu menjelaskan empat soal dalam waktu dua jam. Ckckck, sungguh ksihan mereka..

Melihat banyak kekurangan saya itu, saya memutuskan untuk menggunakan menit-menit terakhir yang ada untuk maaf-maafan dan meminta pesan-kesan serta kritik dan saran dari mereka bagi saya. Karena saya sadar saya banyak kekurangan dan saya ingin mengambil pelajaran bagi kebaikan di masa yang akan datang. Saya tekankan pada mereka, untuk menyampaikan kritik sebenar-benarnya dan tentunya tidak hanya kritik saja, tapi saran yang membangun untuk pelajaran saya nantinya.

Hasilnya ternyata membuat saya terharu.. T_T

1. Kesan: Terlalu baik 
  pesan: Teh, pas awal konsep-konsep dasar bener-bener dijelasin, jadi kita ngerti, soal bagaimanapun konsepnya ngerti. ^_^

Minta rangkuman lagi ya teh.. hehehe

Semangat ya teh u/ mengajar tutor kedepannya......

2. Kesan: sistematika dalam mengajarnya udah bagus, konsep jelas, dalam merangkum materi tepat.
   pesan: suaranya diperjelas teh, hehehe

3. Saran: Teteh suaranya lebih dikerasin aja.
   Kesan: --

4. Teh Tresna luar biasaa..
   Pesan: Sabar kunci kesuksesan

5. Makasih banyak teh udah mau men-tutor kita dengan sabar. hehehe... :D
   Sarannya: Lebih koordinasi aja dengan dosennya untuk materi-materi yang perlu dibahas. :) Maaf ya teh kalo kita suka nanya yang aneh-aneh dan pas tutor yang dateng cuma sedikit.

6. Pesan: Lanjutkan memberi manfaat ke orang-orang banyak, kalau ketemu sapa-sapa dan neraktir, hahaha, kalau nanya tentang fisika nanti bantu ya teh
   Kesan: seru, santai, gampang dimengerti, sabar mengajari kami

7. Teh maaf ya kalo sepi, soalnya pusing banget sama fisika :( jadi yang sabar aja ya teh kalo ngajar, pelan-pelan aja hehehe. Kadang-kadang juga suka ngerasa soalnya susah, engga sesuai sama yang diajarin ibunya, mungkin karena pusing ya teh :D Oya teh, nanti mending dari awal aja ada resume, jangan di akhir-akhir, hehehe

8. Jelas dan mudah dimengerti, Lebih banyak soal latihan teh, lebih tegas teh misal lagi jelasin tapi rame, dirutinin tutornya teh :)
Mohon maaf teh EDISI RAMADHAN

9. Teh Tresna itu baik, sabar banget ngadepin kita yang banyak tanya. Tetep sabar ya teh :)) Masukannya buat teteh suaranya agak dibesarin aja volumenya, soalnya yang di belakang kurang jelas. :)

10. Kesan: Peduli sama kita, Teh Tresna BAIK BANGET!, selalu berusaha memberikan yang terbaik ketika nerangin
   Pesan: Semangat teh :), suaranya lebih lantang lg :)

11. Ngajarnya enak, rangkumannya berguna banget, sering latihan soal, kalo bisa sebelum latihan ada bahas-bahas teori dulu hehehe <penjelasan tentang babnya>, over all tutornya OKE :)
THANKS YA TEH :) SEMANGAT KULIAHNYA!!! SUKSES Amin :)

12. Pesan: Jangan ngebahas soal terus ya teh.. dibahas juga teorinya
    Kesan: Kalau bahas soal, masih suka belum ngerti :(

13. Kesan: Teh Tresna baik, ramah, kalau ngajar suaranya pelan teh, hehe
Terkadang teteh kalo ngajar agak sulit dipahami, tapi seru kok teh, kitanya jadi sama-sama mikir, ngga cuma nerima aja. Makasih ya teh..
    Pesan: Sukses terus buat teh Tresna. Semoga kapan-kapan bisa ngajarin kita lagi :)

Waaah, terharu jadinya baca semuanya.. :(
Kita gak optimal aja, tapi berusaha sungguh-sungguh dan ikhlas menjalaninya, mendapatkan kebahagiaan tiada terkira dari kebaikan mereka menilai dan menghargai usaha kita. Apalagi ketika kita mampu optimal menjalankan amanah itu dan juga tentunya diiringi keikhlasan dan kesungguhan, kayaknya kebahagiaannya akan sangat luaarrr biasa.. :D

Terimakasih adik-adikku semua... Semoga ilmu yang teteh sharingkan berguna. Tunggu aja ya rangkuman sesi duanya, semoga kali ini teteh bisa lebih optimal lagi... :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.

Anggaran IKN Melambung Tinggi: Untuk siapa?

              Meski banyak pro kontra sejak diwacanakannya, pemindahan ibu kota negara  Indonesia yang lebih dikenal sebagai Ibu Kota Nusant...