Friday, 28 March 2014

Buah Lontar: Saudaranya Buah Kelapa

Pertama kali liat buah lontar itu waktu ikutan seminar nasional di BATAN-Tangerang. Karena angkot jarang lewat, akhirnya saya dan teman saya (Rahayu Agustia) sepulang semnas itu jalan. Diperjalanan itulah kami menemukan penjual buah lontar. Ternyata si penjual emang selalu mangkal di sana. Akhirnya pas kemarin pulang dari lab, saya beli, pengen nyobain. Saya pikir buah ini cuma ada di Tangerang aja, tapi kata si emangnya, di Bekasi juga banyak yang jual. Pas cari di internet ternyara di Jakarta Selatan juga banyak yang jual. Buah ini terutama banyak didapet di daerah pantai. Ya mirip lah kayak kelapa.


Ternyata buahnya mirip kelapa. Kata si emang nya juga rasanya kayak kelapa. Di dalamnya ada buahnya, adaairnya juga. Mirip kelapa pokonya. Harganya lumayan mahal hehe, Rp 10.000,- dapet 6 biji. Katanya buah lontar ini paling enak kalo dimakannya pake susu.


Pas di tempat temen dimakan, ternyata emang rasanya kayak kelapa. Didalemnya ada air gitu, rasanya juga kayak air kelapa.



Nah, ternyata khasiatnya banyak juga. Saya copas aja ya dari artikel  6 manfaat buah lontar :
Owh ya, nama lain ari buah lontar itu buah siwalan.


Kandungan Gizi Buah Siwalan

Dalam 100 gram buah siwalan terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

Total gula                    10,93
Gula reduksi                 0,96
Protein                        0,35
Nitrogen                      0,056
pH                               6,7-6,9
Specific gravity           1,07
Mineral sebagai abu    0,54
Kalsium                       Sedikit
Fosfor                          0,14
Besi                             0,4
Vitamin C                   13,25
Vitamin B1 (IU)          3,9
Manfaat Buah Siwalan :

1 Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.

2. Bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

3. Untuk daging buah muda yang berwarna putih kaca/transparan merupakan merupakan buah yang memiliki sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.

4. Pada satu pohon siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Dan nira tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai minuma isotonic seperti minuman sintetik yang ada di pasaran, bahkan lebih bagus karena alamiah.

5. Nira siwalan atau legen sangat mudah terkontaminasi karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula, protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.

6. Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan dipercaya bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit impotensi dan menambah air mani. Tetapi perlu hati-hati dalam memilih legen, Sebab, tak sedikit pula para penjual minuman legen telah mencapurnya dengan bahan lain yang membuat kemurnian legen sudah hilang.

2 comments:

  1. Main ke rumah teteh atuh kalau ke Tangsel. :)

    ReplyDelete
  2. Hehe, iya teh, nanti deh kapan" kalo ke Tangselnya nyantei.. hehe
    Tteh di Pamulang ya? belum tau ruteunya teh.. hehe

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan, jika tidak maka admin akan memasukkannya dalam kategori spam.